Bienvenue!

Memeperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang


Image result for introduce myself

Kata pertama yang biasanya diucapkan dalam perkenalan pertama kali adalah 初めまして(hajimemashite) kata ini bisa di artikan "salam kenal" atau "perkenalkan" kata ini diucapkan saat baru akan memperkenalkan diri untuk yang pertama kalinya.
Setelah kata hajimemashite barulah disambungkan dengan menyebutkan nama kita dengan format kira-kira seperti ini 私はリズです : watashi wa rizu desusaya adalah Rizu. atau seperti ini 私の名前はリズです : watashi no namae wa rizu desu : nama saya adalah Rizu, atau bisa juga seperti ini 私はリズと申します : watashi wa rizu to moushimasuartinya sama aja sih, tinggal ganti kata "Rizu" dengan nama sobat^^.

Lalu, sobat BJB juga bisa menambahkan profil atau keterangan lainnya setelah menyebutkan nama, seperti contoh-contoh  berikut:
インドネシアから来ました : Indonesia kara kimashita saya dari Indonesia
ジャカルタに住んでいます : Jakarta ni sunde imasusaya tinggal di Jakarta
東京で働いています: toukyou de hataraite imasu saya bekerja di tokyo
店員をしています : ten'in o shite imasu saya bekerja sebagai pegawai toko
趣味はサッカーをすることです : shumi wa sakkaa o suru koto desu : hobiku adalah bermain sepak bola
dan contoh lainnya.

Terakhir ditutup dengan kata "どうぞよろしくお願いします"  : douzo yoroshiku onegaishimasu yang kira-kira bisa diartikan "senang berkenalan dengan anda" dalam bahasa Indonesia. Adapun balasan dari kata douzo yoroshiku onegaishimasu adalah kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu yang bisa diartikan dengan "senang juga berkenalan dengan anda". 

Nah, gimana sudah mengertikan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang^^ kalau sudah mengerti berarti bisa kenalan dengan orang Jepang dong(ง ˆ-ˆ)ง hihihi. 

Biar lebih mudah memahaminya, berikut ini Riizhu kasih beberapa contoh-contoh perkenalan berikut ini: 

はじめまして、風早将太です、高校三年生です、どうぞよろしく 
hajimemashite, kazehaya shouta desu, koukou sannensei desu, douzo yoroshiku 
salam kenal, saya adalah kazehaya shouta kelas 3 SMA, senang berkenalan denganmu 

はじめまして、エレンといいます、教師をしています、どうぞよろしくお願いします 
hajimemashite, eren to iimasu, kyoushi o shite imasu, douzo yoroshiku onegaishimasu 
salam kenal nama saya eren, saya sedang bekerja sebagai pengajar/guru. senang berkenalan dengan anda 

初めまして、勇気アスナと申します、インドネシアから参りました。日本は初めてなのでまだ何も分かりませんが、宜しくお願いします 
hajimemashite, Yuuki Asuna to moushimasu, Indoneshia kara mairimashita. Nihon wa hajimete na no de mada nani mo wakarimasen ga yoroshiku onegaishimasu 
Salam kenal, saya adalah Yuuki Asuna dari Indonesia, karna pertama kalinya ke Jepang jadi masih belum mengerti apapun dan mohon kerjasamanya

Note:
  • Orang Jepang biasanya saat memperkenalkan diri mereka tidak lupa melakukan hal yang disebut dengan istilah "Ojigi" yakni, membungkung kurang lebih sekitar 45 derajat ke arah lawan bicara. Jadi, saat memperkenalkan diri jangan lupa untuk membungkukan badan juga ya^^.
  • Arti harfiah yoroshiku onegaishimasu sendiri adalah "saya mohon dengan baik". Insya Allah nanti akan kita bahas lebih lanjut di postingan tersendiri karna yoroshiku onegaishimasu bukan cuma digunakan saat berkenalan saja. Untuk penggunaan lainnya silahkan baca post berikut: Berbagai Macam Penggunaan Kata Yoroshiku Onegaishimasu.

,

No comments:

Post a Comment